Friedrich Karl von Drais




Karl Freiherr von Drais (29 April 1785 – 10 Desember 1851) adalah seorang pejabat kehutanan Jerman yang mulia dan penemu yang signifikan pada periode Biedermeier.

Drais adalah seorang penemu yang produktif, yang menemukan Laufmaschine ("mesin berjalan"), yang juga belakangan disebut velocipede, draisine (Inggris) atau draisienne (Prancis), juga dijuluki kuda hobi atau kuda pesolek. Ini adalah penemuannya yang paling populer dan dikenal luas. Ini memasukkan prinsip kendaraan roda dua yang mendasar bagi sepeda dan sepeda motor dan merupakan awal dari transportasi pribadi mekanik.[3] Ini adalah bentuk sepeda yang paling awal, tanpa pedal. Perjalanan pertamanya yang dilaporkan dari Mannheim ke "Schwetzinger Relaishaus" (penginapan pelatihan, yang terletak di "Rheinau", hari ini sebuah distrik Mannheim) berlangsung pada 12 Juni 1817 menggunakan jalan terbaik Baden. Karl mengendarai sepedanya;[4] jaraknya sekitar 7 kilometer (4,3 mi). Perjalanan pulang membawanya sedikit lebih dari satu jam, tetapi dapat dilihat sebagai ledakan besar untuk transportasi tanpa kuda.


Friedrich Karl von Drais, yang lebih dikenal sebagai Karl Drais, adalah seorang penemu Jerman yang terkenal karena menciptakan kendaraan roda dua pertama yang dikenal sebagai "laufmaschine" atau "mesin berjalan". Lahir pada 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman, Drais adalah putra dari Karl Wilhelm Friedrich Ludwig Drais, seorang pejabat pengadilan Baden. Drais menunjukkan minat dalam bidang teknik dan penemuan sejak usia dini.

Pendidikan dan Karier Awal

Drais belajar arsitektur, fisika, dan pertanian di Universitas Heidelberg dari tahun 1803 hingga 1805. Setelah menyelesaikan studinya, ia ditawari posisi mengajar. Pada sekitar tahun 1811, Drais menjadi seorang penjaga hutan, mewarisi beberapa hektar hutan Baden yang indah. Selama periode ini, ia mengembangkan hasrat untuk penemuan.

Penemuan-Penemuan

Penemuan pertama Drais adalah mesin khusus yang secara otomatis menggambar semua lima garis pada kertas musik. Penemuan ini dengan cepat mendapatkan popularitas karena menggambar garis pada kertas secara manual adalah tugas yang membosankan. Penemuan berikutnya adalah dua mesin beroda empat yang dapat digerakkan oleh tenaga otot. Drais memperkenalkan inovasi ini pada Kongres Wina pada tahun 1814.

Pada 12 Juni 1817, Drais memperkenalkan "laufmaschine" atau "mesin berjalan", yang kemudian dikenal sebagai "draisine" atau "draisienne". Ini adalah bentuk awal dari sepeda, tanpa pedal, yang menggabungkan prinsip roda dua yang menjadi dasar sepeda dan sepeda motor modern. Perjalanan pertama yang dilaporkan menggunakan mesin ini adalah dari Mannheim ke "Schwetzinger Relaishaus", sebuah penginapan di Rheinau, yang sekarang menjadi distrik Mannheim. Perjalanan pulang pergi sejauh sekitar 7 kilometer ini memakan waktu sedikit lebih dari satu jam.

Dampak dan Warisan

Penemuan Drais memiliki dampak besar dalam perkembangan transportasi pribadi. Meskipun pada awalnya mesin ini dilarang di beberapa negara karena dianggap berbahaya bagi pejalan kaki, prinsip roda dua yang diperkenalkan oleh Drais menjadi dasar bagi perkembangan sepeda dan sepeda motor modern. Selain itu, Drais juga menciptakan mesin ketik pertama dengan keyboard pada tahun 1821, mesin stenograf awal yang menggunakan 16 karakter pada tahun 1827, dan penggiling daging pertama pada tahun 1840-an.

Kehidupan Pribadi dan Akhir Hayat

Drais adalah seorang demokrat yang gigih dan mendukung gelombang revolusi yang melanda Eropa pada tahun 1848. Setelah revolusi di Baden gagal, Drais menjadi sasaran ejekan dan dihancurkan oleh kaum royalis. Ia meninggal pada 10 Desember 1851 di Karlsruhe pada usia 66 tahun.

Warisan Karl Drais sebagai penemu tetap dikenang sebagai salah satu pencapaian terbesar dalam sejarah transportasi. Penemuannya membuka jalan bagi perkembangan kendaraan bermotor dan transportasi pribadi yang kita kenal saat ini.


GALERI






Komentar

Postingan Populer